Bagian-Bagian dari Surat Resmi Lembaga
Tips

Bagian-Bagian dari Surat Resmi Lembaga

Surat resmi adalah salah satu jenis surat yang kehadirannya sangat dibutuhkan didalam kehidupan ini. Kegunaannya yakni untuk memberikan pengumuman atau surat formal mengenai suatu hal tertentu. Biasanya ini dikeluarkan oleh suatu instansi atau lembaga.

Bagian-Bagian dari Surat Resmi

Bagian-Bagian dari Surat Resmi Lembaga

Dalam membuat dan menuliskan surat resmi dibutuhkan beberapa bagian-bagian yang memang harus dibuat dan dilengkapi seperti sebagaimana resminya. Cara penulisannya juga harus benar dan teratur seperti panduannya. Berikut adalah bagian-bagian dari surat resmi:

Kop Surat

Kop surat menjadi bagian terpenting di dalam pembuatan surat. Karena dengan adanya kop surat, orang lain atau yang membacanya akan bisa mengetahui pihak pengirim surat resmi tersebut dengan tepat dan benar. Fungsinya yakni memberikan ketegasan mengenai pembenaran dari pengeluaran surat.

Untuk menulis kops surat ada hal yang harus diperhatikan dan diikutsertakan. Seperti nama perusahaan atau lembaga, alamat, kontak yang bisa dihubungi, kode pos dan juga logo dari perusahaan tersebut.

Nomor surat dan Tempat juga Tanggal

Hal berikutnya yang harus diperhatikan di dalam surat resmi yakni nomor surat. Bagian yang satu ini dibuat dengan beberapa unsur, supaya dapat membentuk kerangka yang tepat. Setiap angka dan huruf di dalamnya memiliki artinya masing-masing.

Selanjutnya yakni tempat dan tanggal penulisan surat tersebut.. Tetapi, perlu diperhatikan satu hal. Jika tempat dan tanggal sudah dicantumkan di kop surat, maka pada bagian ini tidak perlu dituliskan ulang kembali. Hanya perlu menuliskan tanggal pembuatannya saja di sini.

Lampiran, Alamat dan Salam Pembuka, Isi, Penutup

Bagian selanjutnya yakni lampiran, alamat dan juga salam pembuka. Lampiran surat biasanya berisi tentang dokumen-dokumen tambahan yang dicantumkan bersamaan di dokumen utamanya. Kemudian juga harus mencantumkan alamat dari pengirim surat tersebut.

Salam pembuka umumnya berisi tentang kata yang secara umum dipakai di dalam percakapan-percakapan. ini akan memberikan salam-salam pembukaan sebelum memulai kepada bagian isinya. Setelah bagian isi selesai, baru ke bagian paragraf penutupnya.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi ini, penjelasan dari Betantt.com diatas dapat membantu memberikan pengertian lebih.